Buku Telco dan Networking

Ini sebagian koleksi buku telekomunikasi dan networking yang saya punya. Sebagian sudah saya miliki sejak kuliah, sebagian lagi saya dapatkan saat mengikuti kursus di lembaga training networking.

Dulu waktu kuliah di Akatel Purwokerto (sekarang sudah berganti nama menjadi STT Telematika Telkom Purwokerto), mendapatkan buku/ebook tentang teknologi 3G dan WCDMA itu susahnya minta ampun, bahasa Inggris aja susah apalagi bahasa Indonesia? Padahal lagi menyiapkan tugas akhir yang temanya tentang perbandingan antara teknologi 3G dari 3GPP (WCDMA) dan teknologi 3G dari 3GPP2 (CDMA2000).

Karena materi CDMA2000 lebih banyak, saya ambil tugas akhir simulasi cell breathing pada CDMA 2000 1x RTT dengan bahasa pemrograman Delphi 7. Bandingkan dengan sekarang, ketika saya kuliah dulu, jurusan Teknik Telkom itu jarang yang punya, sekarang sudah banyak institusi yang mengadakan prodi Tektel. Materi juga makin banyak tersedia di internet, baik bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Komunitas pekerja telekomunikasi baik online maupun offline juga sudah mulai banyak. Ditambah lagi sekarang ada penyedia jasa training skill ilmu telekomunikasi yang walaupun tetap mahal tarifnya, tapi paling tidak buat newbie sudah ada tambahan pilihan sarana menimba ilmu yang aplikatif selain di kampus, padahal dulu buat ngintip ilmunya saja harus kerja dulu di vendor yang masuknya saja gak semua orang beruntung bisa gabung 🙂

Soal sertifikasi juga, dulu gak kepikiran tuh mau ambil CCNA, belajar Linux, Java atau TOEIC. TOEFL aja ikut yang ecek-ecek di kampus, CCNA itu kayaknya sudah dewa banget, gak tau kalau itu baru dasar aja, masih ada tangga CCNP dan CCIE yang tracknya aja sekarang udah 6 aliran hehe… Sekarang di kampus, sudah disediakan sarana buat ambil sertifikasi, diwajibkan lagi. Kurang enak apa coba sekarang? Kadang minder kalau lihat di wall group kampus, terlihat sekali gap ilmu yang didapatkan waktu kami kuliah dulu dengan yang mahasiswa sekarang didapatkan saat kuliah. Ilmunya terlihat lebih aplikatif, lebih luas wawasannya, pilihan judul TA pun lebih beragam dan di luar bayangan saya saat kuliah dulu 😀 Mungkin ada beberapa bedanya antara jaman saya kuliah dan jaman sekarang ya, kira-kira ini:

  1. Dulu, yang punya laptop di kampus itu baru beberapa orang, harganya juga sama kaya harga motor bebek baru. Rata-rata masih mengandalkan PC desktop pribadi atau pinjaman maupun rental. Sekarang harga laptop sudah lebih murah dari PC, bisa kredit lagi.
  2. Dulu, mau nyari bahan mesti ke warnet yang jaraknya sekitar 5 km di deket Unsoed, kadang datang ke sana sore, baru pulang besok paginya ambil paket 5 jam, jalan kaki lagi sekalian jalan-jalan pagi (aslinya sih karena angkot di Pwt Cuma sampai jam 5 sore dan taksi juga belum banyak). Sekarang fasilitas sudah banyak, di kampus ada perpus yang cukup lengkap, ada wifi gratisan, di rumah bisa pakai modem, handphone juga makin canggih bisa tethering segala, belum lagi paket dari operator yang makin murah dan variatif.
  3. Dulu, mau belajar Delphi aja susahnyaaaaa… Mesti lobby guru programming SMK Telkom supaya bisa diajarin dasar Delphi, bukunya mesti beli ke Palasari Bandung. Sekarang di kampus sudah banyak fasilitasnya baik dari dosen maupun lab, tinggal kemauan mahasiswanya saja.
  4. Lalu soal alumni. Mungkin karena baru lulusan awal, jadi networkingnya masih belum luas. Jadi waktu itu kami yang lulusan SMK Telkom memanfaatkan jaringan alumni SMK Telkom buat nyari info kerjaan. Dulu CDC belum seperti sekarang, belum ada MoU dengan industri untuk menampung alumninya.

Mungkin sementara itu dulu sharingnya ya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s